Jaman dahulu ibu-ibu kalau memasak nasi memakai panci / ketel, dandang.
Memasaknyapun memerlukan waktu yang lama. Beras dicuci bersih lalu dimasak di panci / ketel. Api jangan besar-besar agar tidak sampai gosong bau sangit.
Sesudah air di panci habis, kompor matikan. Tapi nasinya belum matang lho, masih setengah matang.
Siapkan dandang yang sudah diberi air, lalu panaskan sampai air di dandang tersebut mendidih. Dan masukkan nasi setengah matang yang dari panci tadi. Dandang ditutup. Masak dengan api sedang. Setelah nasi matang, kira-kira 20 menit kompor matikan. Nasi dipindah ke tempat lain, bisa termos nasi, cething dan lain-lain. Cukup ribet kan ? 
Tapi masak nasi seperti ini membuat rasa nasi lebih enak daripada pakai rice cooker atau magic com.

Dan sekarangpun jarang ditemui masak nasi dengan panci, ketel, dandang. Ibu-ibupun beralih ke rice cooker atau magic com. Karena praktis, bisa disambi dengan mengerjakan yang lainnya. 
Tapi tahukan bunda, agar lapisan teflon di rice cooker, magic com bisa awet ?
Kalau mencuci beras jangan di rice cooker atau magic com nya. Lapisan teflon lama-kelamaan bisa terkikis, dan ini akan menyebabkan nasi akan banyak yang lengket di rice cooker atau magic com.
Cuci beras di wadah yang lain sampai bersih, kira-kira 3 kali. Sesudah bersih baru dituang ke rice cooker atau magic com. Dan tambahi air menurut ukuran, kira-kira air dan beras sama tingginya. Dan tidak semua beras memiliki daya serap air yang sama. Jadi ukuran airpun menyesuaikan jenis beras.
Beraspun siap dimasak dengan rice cooker atau magic com. Tekan cook / on maka lampu akan menyala. Tunggu beberapa menit atau Setelah posisi lampu di off / warm maka nasipun sudah matang. tunggu beberapa menit ( kurang lebih 5 menit agar nasi benar-benar matang / tanak ) maka nasipun bisa disantap.
Jangan lupa untuk mengambil nasi pake centong dari plastik atau kayu.

Selamat mencoba ...


join us :

http://www.daftardbcn.com/?id=bundasarie


2 komentar:

  1. terimakasih tips ny gan,, sangt bermanfaat sekli..

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas inspirasinya. Makanan sehat memang penting, namun alat memasak yang sehat pun sama pentingnya.

    Oxone

    BalasHapus

 
Top