Kacang goreng. Rasanya gurih, renyah. Cocok buat camilan. Sambil lihat tv, untuk acara arisan, rapat, suguhan tamu dll. Tapi biasanya pada beli di toko-toko kue, catering, warung. Padahal kalau bikin sendiri tidak sulit, mudah kok.

Bahan :
Kacang tanah tanpa kulit 1 kg
3 buah bawang putih yang dihaluskan
bawang putih yang telah diiris
garam 2 sdt

Cara membuat :

Rebus air yang telah diberi bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam sampai mendidih. Masukkan kacang tanah tanpa kulit ke panci tersebut. Lalu matikan kompor. Biarkan kacang tanah di dalam panci. Setelah dingin kacang ditiriskan.
Kemudian siapkan wajan yang telah diberi minyak secukupnya. Hidupkan kompor. Setelah mendidih, masukkan kacang. Goreng dengan api sedang. Sesekali dibalik.
Setiap kali menggoreng kacang masukkan juga irisan bawang putih. Irisan bawang putih kalau digoreng cepat gosong, sebaiknya irisan bawang putih dimasukkan beberapa saat setelah kacang dimasukkan ke wajan. Atau bisa juga bawang putih digoreng terpisah.
Setelah kacang berwarna coklat muda, angkat dan tiriskan. Jangan tunggu warna kacang menjadi coklat / coklat tua baru diangkat dari wajan.Taruh di atas kertas minyak atau kertas yang bersih dan ratakan. Karena jika kacang dalam keaadaan panas bergerombol akan cepat gosong.

Selamat mencoba


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top