Para bunda sering dibuat pusing, sedih anak-anaknya tidak mau makan, sulit makan, pilih-pilih makan. Ini sering dialami ketika anak masih balita. Anak berkurang nafsu makannya, karena bisa saja mereka asyik dengan bermain, tak suka dengan menu yang disediakan, kenyang dengan camilan ataupun susu. Padahal nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan anak-anak untuk perkembangan tubuh dan kecerdasannya.
Bagaimana menyiasatinya butuh kesabaran dari orang tua terutama ibu ataupun pengasuh agar anak mau makan.

Ada beberapa tips agar anak mau makan :

Variasi menu sejak anak masih kecil
Jangan terlalu pilih-pilih menu makan untuk anak-anak. Berikan variasi menu yang beragam. Sehingga anak akan mengenal banyak pilihan menu. Misalkan jangan beri anak lauk ayam terus. Kadang diselingi ikan, ikan asin, daging yang dihaluskan, tahu, tempe, telur, perkedel dan lain-lain. Untuk sayuranpun disarankan sering-sering ganti menu, misalnya sop, sayur bayam, capcay, orak-arik. Bisa ikut mencoba sayur favoritnya orang tua, misalnya sayur lodeh, sayur brongkos asal tidak pedas.

Kurangi camilan 
Anak yang sulit makan, biasanya mereka sudah kenyang dengan aneka camilan, kue ataupun jajan yang mereka beli di warung, toko atau penjual yang lewat di depan rumah. Coba kurangi camilan, jajan mereka.

Kebanyakan minum susu
Susu adalah nutrisi yang baik untuk anak. Tetapi acapkali anak-anak  suka minum susu  daripada makan. Dan karena kebanyakan minum susu membuat anak-anak menjadi kenyang dan malas makan. Padahal minum susu sehari dua gelas itu sudah cukup. Dan ditambah dengan memberikan makanan sehat yang dibutuhkan oleh balita anda.

Luangkan waktu untuk menyuapi 
Jika anak sulit makan apalagi masih balita, coba suapin anak anda. Misalkan sambil bermain, sambil nonton tivi dan lain-lain. 

Libatkan anak dalam memilih menu
Ajak anak untuk memilih menu. Ajak ke warung, ke pasar atau ke super market untuk memilih sayur, lauk, buah. Dan libatkan dalam menyiapkan menu kesayangannya. Dengan mengikuti proses menyiapkan menu makanan membuat anak tertarik untuk memakannya.

Ajak makan bersama
Ajak anak untuk makan bersama di meja makan. Dengan melihat anggota keluarga yang lain makan, anak akan tertarik untuk menyantap makanannya.

Sajikan dengan tampilan yang menarik
Tampilan makanan yang menarik membuat siapa saja pasti tertarik untuk menyantapnya. Begitu juga anak-anak. Misalnya saja daging dibuat bola-bola, ayam dimasak / digoreng dengan bentuk yang menarik..Tempe atau tahu digoreng panjang-panjang. Nasi dicetak berbentuk binatang, bunga. Buah dipotong-potong dan dibuat seperti sate. Dan masih banyak variasi tampilan menarik lainnya. Jangan lupa beri wadah / piring / mangkok yang lucu-lucu.

Sabar
Jangan memaksa anak untuk menghabiskan makan. Apalagi kalau anak sampai menangis, meronta. Ini akan membuat anak tersedak dan trauma, ketakutan. 
Sesekali beri pengertian anak atau  bisa kita sampaikan dalam ujud dongeng  ke anak tentang perlunya makan untuk pertumbuhan dan kesehatan anak.
Beri pujian atau hadiah yang tidak memberatkan orang tua, misalnya buku gambar jika anak mau makan.

Demikian beberapa tips agar anak mau makan, semoga bisa membantu !

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top