Biang keringat atau keringat buntet yaitu tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit. 
Kelenjar keringat pada bayi belum sempurna seperti orang dewasa, oleh karena itu bayi lebih mudah terkena biang keringat.
Biang keringat ditandai munculnya bintik-bintik merah pada lipatan leher, lipatan punggung, lipatan tangan, lipatan kaki atau daerah yang sering tertutup pakaian. Pada tubuh yang tidak tertutup pakaianpun bisa terkena biang keringat misalnya di wajah.


Jika bayi bunda mempunyai biang keringat maka akan merasakan gatal atau merasa tidak nyaman. Jika hal ini terjadi  maka bayi bunda tentu akan rewel dan sering menangis.  Oleh karena cegah agar bayi bunda tidak terkena biang keringat.

Cuaca yang panas bisa memicu biang keringat, pilih pakaian untuk bayi yang bahannya menyerap keringat, lembut dan tidak ketat.

Sering-sering mengusap dengan washlap basah jika bayi berkeringat, dan keringkan dengan handuk dan ganti bajunya dengan baju yang bersih dan kering.

Atur ruangan / kamar bayi agar tidak panas, tidak lembab, bersih, nyaman dan sirkulasi udara lancar. Jika terpaksa menggunakan kipas angin jangan langsung mengarah pada bayi, jauhkan dari bayi.

Rutin memandikan bayi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi. Pemakaian bedak bayi setelah mandi, pastikan kulit bayi benar-benar kering karena pemakaian bedak pada kulit bayi yang masih basah akan menghambat keluarnya keringat.

Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top