Keputihan sangat tidak nyaman, gatal, berbau kadang terasa perih. Salah satu penyebabnya adalah masalah kebersihan di sekitar organ intim.
Organ kewanitaan terletak di daerah yang tersembunyi. Bukan berarti tidak perlu dirawat, tidak dijaga kebersihannya seperti halnya kulit wajah yang selalu kita jaga kebersihannya. 
Karena terletak di daerah yang tersembunyi sering mengalami kelembaban. 
Kondisi lembab ini yang memicu datangnya jamur dan bakteri yang memicu keputihan.





Ada beberapa tips untuk menjaga agar tidak terkena keputihan :

Gunakan celana dalam yang nyaman, terbuat dari katun karena meresap keringat dan tidak menyebabkan alergi pada kulit.  Jangan menggunakan celana dalam yang tidak menyerap keringat, misalnya satin.

Gunakan celana dalam yang kering dan sering diganti minimal dua kali sehari. Jika basah atau lembab segera ganti celana dalam. Tak ada salahnya membawa cadangan celana dalam di tas anda. Ingat yang dijaga ada "kering".

Ketika sedang datang bulan / haid, sering-sering ganti pembalut. Minimal 4 jam ganti pembalut. Pilih pembalut yang nyaman, yang menyerap dan tidak tebal. Jika daerah organ kewanitaan lembab akan memicu jamur berkembang sehingga akan gatal di daerah tersebut.

Penggunaan panty liner boleh-boleh saja. Dan sering-sering menggantinya agar daerah kewanitaan terjaga kekeringannya. Jika sudah di rumah panty liner dilepas.

Sehabis mandi, buang air kecil, buang air besar atau ganti pembalut, bersihkan organ kewanitaan dengan air dan sabun. Cara membersihkanpun ada caranya yaitu dari basuh dari depan baru ke belakang. Jangan kebalikannya. Hal ini untuk menghindari kuman dari anus. Dan keringkan dengan handuk yang bersih.

Gunakan rebusan air daun sirih. Daun sirih terbukti mematikan kuman dan mengobati jamur. Caranya ambil beberapa lembar daun sirih, cuci terlebih dahulu daun sirihnya dan rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih beberapa kali matikan kompor. Diamkan sampai dingin. Gunakan untuk membasuh organ kewanitaan, terutama ketika organ kewanitaan terasa gatal, pas datang bulan.

Semoga bermanfaat

dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top