Anak suka jajan ? 
Ini merupakan masalah yang sering ditemui pada sebuah keluarga. Padahal di rumah sudah disediakan camilan. Tetapi si buah hati tetap saja jajan di luar. 
Selain boros, jajanan  di luar kurang terjaga kebersihannya dan banyak mengandung zat-zat kimia yang berbahaya, seperti halnya pewarna tekstil.



Bukan sesuatu hal yang mudah untuk menghentikan keinginan jajan si kecil. Tapi perlu juga orang tua mengerti bahwa kebiasaan jajan anak-anak dipengaruhi hal-hal sebagai berikut :

Meniru
Mungkin orang tua atau lingkungan yang suka jajan di luar. Karena mereka jarang memasak, sehingga sering membeli makanan di luar / di warung. Anak melalui pengamatannya  menimbulkan perilaku untuk meniru.
Atau juga orang tua yang suka mengajak anaknya jajan di luar, si anakpun akan mengikuti kebiasaan ini.

Banyak Penjual Jajanan
Banyaknya penjual jajanan di sekitar rumah membuat anak memiliki kesempatan untuk menikmati jajanan daripada menikmati camilan yang sudah disediakan di rumah.

Uang Saku yang Berlebih
Orang tua sering memberikan uang saku yang berlebih pada anak ketika sekolah. Dan anakpun akan menggunakan uang tersebut untuk jajan di sekolah sehingga kerjaan mereka jajan melulu.

Rewel
Anak biasa rewel atau ngambek. Sering orang tua mengiming-imingi dengan uang untuk jajan daripada mengetahui masalah yang dihadapi anak ketika rewel.


Untuk mencegah atau mengatasi kebiasaan jajan si kecil ada tips sebagai berikut 

Buatlah jadwal makan yang disiplin untuk si kecil. Jadi tidak ada kata kenyang ketika anak disuruh makan, karena anak kekenyangan disebabkan banyak jajan. Ada saat kapan si kecil makan makanan pokok, makan makanan selingan, makan camilan,

Berilah penjelasan yang bisa diterima si kecil akibatnya bagi kesehatan jika sering  mengonsumsi jajanan di luar. Kita jelaskan pengaruh akibat seringnya jajan di luar, karena jajanan tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita. Kalau perlu tunjukkan dengan gambar atau ajak nonton ketika televisi menayangkan bahayanya jajanan di luar dan sambil sesekali diberi penjelasan.

Batasi uang saku anak. Uang saku berlebih biasanya hanya untuk jajan, tentunya menimbulkan pola hidup boros bagi si anak. Ajari hidup hemat dengan cara menyisihkan uang sakunya untuk ditabung dan perilaku hidup sehat. Bawakan makanan kecil untuk dibawa ke sekolah. Pasti lebih terjaga kebersihannya dan sehat.

Beri alasan yang masuk akal dan tepat ketika orang tua jajan di luar.  Sesekali boleh mungkin karena lagi repot atau juga keluarga mencari kebersamaan dengan jajan / makan bersama sekeluarga di luar.

Bersikap tegas untuk menghentikan kebiasaan jajan si kecil. Tapi bukan berarti dengan membentak atau kekerasan fisik untuk menghentikan perilaku anak yang suka jajan. Biarkan saja merengek atau menangis. Lama kelamaan anak akan berhenti sendiri meminta jajan. Dan anak akan menikmati camilan yang sudah kita sediakan di rumah.

Perlu kesabaran di dalam menghentikan kebiasaan anak yang suka jajan. Tetapi tugas orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan.
Semoga bermafaat !

dari berbagai sumber.



2 komentar:

 
Top