Postur tubuh yang ideal, langsing dambaan setiap manusia. Terutama wanita. Anak-anak, remaja bahkan para ibupun  pingin punya tubuh yang langsing.
Ada yang memang dari sononya, mau makan sedikit, makan banyak badan tetep aja langsing enggak melar.-melar. Tapi ada yang katanya makannya cuma sedikit badan cepet melar.
Tubuh cepat gemuk, bisa dikarenakan pola makan, pola hidup dan faktor genetik.
Tapi bukan berarti terus menyerah, tidak berusaha untuk menurunkan berat badannya.
Tubuh yang ideal / langsing enak dipandang juga jauh dari beberapa penyakit. Dan sebaliknya jika tubuh terlalu gemuk akan membahayakan kesehatan bisa memicu beberapa penyakit.

Penyakit yang dipicu karena tubuh terlalu gemuk antara lain :

1.Hipertensi
Hipertensi disebabkan karena adanya kandungan kolestrol di dalam tubuh anda. Kolestrol dapat menyumbat pembuluh darah, dan ini sering ditemukan pada orang yang gemuk.

2. Haid menjadi tidak teratur
Jika terlalu banyak lemak di dalam tubuh bisa menyebabkan haid menjadi tidak teratur, karena tubuh yang gemuk menyebabkan metabolisme menjadi tidak teratur sehingga haid kadang maju kadang mundur.

3. Jantung
Orang yang bertubuh gemak gampang terkena penyakit jantung. Hindari makanan junk food, karena junk food membuat orang cepat gemuk.

4. Arthritis
Peradangan pada persendian disebabkan karena faktor kegemukan, karena adanya tekanan pada persendian.

5. Batu ginjal 
Lemak bisa menyumbat saluran pembuangan urin. Fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh kita, jika ada masalah dengan ginjal bisa membahayakan kesehatan.

6. Lemahnya otot
Orang gemuk cenderung malas beraktifitas atau berolahraga. Ini menyebabkan otot menjadi lemah karena terdesak oleh lemak.

7. Kurang Subur
Pada wanita gemuk sering mengalami ketidakseimbangangnya hormon, sehingga rahim menjadi kurang subur. Ini bisa menyebabkan keguguran.

8. Depresi
Banyak efek dari tubuh gemuk. Tidak saja dari segi kesehatan, segi kecantikan dan psikologis. Hal ini bisa mengakibatkan depresi.

Untuk mewujudkan tubuh yang ideal atau menurunkan berat badan perlunya disiplin dalam pola makan. dan pola hidup. Pengaturan makan jangan sampai melupakan gizi yang harus diperlukan untuk tubuh. Mengalihkan camilan ke sayur dan buah-buahan  serta memperbanyak makanan yang direbus, dikukus, dibakar, dipanggang daripada yang digoreng.
Makan secara perlahan-lahan, anda akan merasakan cepat kenyang.
Sikat gigi sesudah makan, maka keinginan untuk makan lagi atau makanan penutup atau ngemil akan berkurang.
Sarapan, makan siang, makan malam hendaknya di jam / waktu yang sama setiap harinya.

Lebih baik menghindari atau mengurangi konsumsi  makanan-makanan, antara lain :
  • Makanan yang manis seperti halnya cake-cake manis, donat, permen,biskuit dll.
  • Junk food, mie instan.
  • Aneka cemilan seperti keripik-keripik, krupuk dll
  • Aneka gorengan, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng dll.
  • Aneka minuman manis, seperti es teler, es buah, ice cream, minuman bersoda

Selain mengatur pola makan diimbangi dengan berolahraga secara teratur, minimal seminggu sekali selama 1 jam. Bisa jalan-jalan pagi, lari, senam, bersepeda, renang, tenis meja, badminton, tenis dan lain-lainnya.
Istirahat / tidur yang cukup selama 8 jam per hari.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top