Siapa yang tidak tahu arisan ? 

Hampir semua tahu apa itu arisan. Arisan adalah  adalah sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu, misalnya sebulan sekali. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok atau mungkin dua bahkan tiga anggota bisa juga lebih akan keluar sebagai pemenang. Tergantung kesepakatan bersama. Penentuan pemenang biasanya dilakukan dengan jalan pengundian, namun ada juga kelompok arisan yang menentukan pemenang dengan perjanjian.
Kegiatan arisan ini biasanya diadakan sekaligus di dalam pertemuan misalnya pertemuan ibu-ibu PKK tingkat RT, RW, Desa, Kecamatan atau kelompok / komunitas yang lain seperti misalnya yang mempunyai persamaan hobby, pekerjaan  yang sama dan lain sebagainya.
Di dalam arisan bersifat  "memaksa" karena anggota diharuskan membayar dan datang setiap kali undian akan dilaksanakan.

Sesungguhnya apa keuntungan diadakannya arisan ?

Arisan dapat dikatakan seperti pinjaman plus. Apabila mendapat di awal-awal, misalnya bulan pertama, maka seperti mendapat pinjaman yang harus diangsur bulan-bulan berikutnya tanpa bunga.
Akan tetapi jika mendapatkan di bulan terakhir, maka seperti memberikan pinjaman pada anggota lain tanpa bunga.
Dan karena jumlah uang yang diperoleh jika kita mengikuti arisan lumayan banyak, kita bisa merencanakan untuk membeli sesuatu atau bisa juga ditabung.

Keuntungan yang lain, kita jadikan arisan sebagai ajang silaturahmi. Kita bisa bertemu dengan banyak orang, saling bertukar pikiran, berbagi info dan saling mengakrabkan diri.
Beberapa ibu yang sibuk bekerja atau kesibukan yang lain. arisan bisa dimanfaatkan untuk bersosialisasi. Misalnya arisan dengan ibu-ibu di sekitar tempat tinggalnya ( arisan RT, arisan RW, Desa dll ), menjadikan ibu-ibu tersebut bisa lebih akrab dengan lingkungannya.

Arisan bisa juga untuk membuang kejenuhan. Setelah seharian beraktifitas, berangkat ke pertemuan arisan bisa bertemu dengan teman-teman sekomunitas, bisa saling bersenda-gurau, bercanda, ngobrol dsb.

Manfaat arisan yaitu arisan bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis anda. Misalnya yang punya barang dagangan seperti halnya pakaian, kerudung, sandal, sepatu, tas, alat-alat rumah tangga dan lain-lainnya bisa ditawarkan ke sesama anggota arisan. Atau bisa juga dengan menawarkan produk lewat katalog. Atau mengembangkan jaringan bisnis / mencari member.




1 komentar:

  1. Berbagi info, bagi masjid yang belum punya aplikasi, ini ada pembuatan aplikasi sederhana berbasis blog secara GRATIS. Info lengkapnya bisa dilihat di:

    www.tiny.cc/appsgratisdong

    Bantu share ke teman, siapa tau mereka butuh. Terima kasih...

    BalasHapus

 
Top