Mengelola keuangan rumah tangga memang gampang-gampang sulit. 
Apalagi jika ada kebutuhan mendadak yang memerlukan pengeluaran yang besar. 
Ditambah lagi pemasukan setiap bulannya tidak begitu besar. Perlu kedisiplinan di dalam menggunakan uang yang ada.







Tips di bawah ini semoga bisa membantu di dalam mengatur keuangan rumah tangga.

Tulis di dalam buku, pengeluran apa saja yang setiap bulan secara rutin masuk dalam anggaran rumah tangga :
  • Belanja bulanan dari sabun, shampo, odol, susu anak-anak, gula, teh, kopi, beras, gas, air galon, minyak goreng dan lain-lain.
  • Pengeluaran rutin lainnya, bayar listrik, PAM, pulsa, SPP, uang saku anak-anak, cicilan / arisan, uang untuk orang tua dan lain-lain.
  • Pengeluaran untuk belanja harian dari membeli sayur, lauk-pauk, buah, makanan kecil / snack dan lain-lain.
  • Buat pos untuk pengeluaran lain-lain misalnya untuk berobat, sumbangan pernikahan, sosial dan lain-lain.
  • Jika memungkinkan buat pos juga untuk membeli keperluan membeli baju, baju dalaman, sepatu, sandal dan lain-lain untuk anggota keluarga. Tidak harus setiap bulan membeli, tetapi dari pos ini bisa dikumpulkan, dan setelah beberapa bulan baru membeli keperluan ini.
  • Ada uang dalam jumlah tertentu yang disisihkan untuk ditabung. Alangkah baiknya menabung setelah menerima gaji bulanan dari suami. Tabungan gunanya sewaktu-waktu apabila ada keperluan mendadak, membutuhkan uang yang lumayan banyak, tinggal mengambil di tabungan / Bank.
Setelah semua ditulis, masukkan uang di amplop sesuai dengan jumlah per posnya dan di amplop ditulis nama pos pengeluaran. Jadi kalau mau mengeluarkan uang, dilihat untuk pos yang mana, tinggal ambil uang di amplop yang tertulis pos tersebut. Disiplin dalam pengeluaran dan utamakan prioritas yang penting apakah berbelanja sesuatu karena kebutuhan atau keinginan.

Semoga bermanfaat bagi bundaaa .....






3 komentar:

  1. Mantap gan infonya. Buat yang mau nyari hunian yang nyaman bisa diklik di
    Perumahan di Depok

    BalasHapus

  2. Thanks infonya menarik banget. Oiya, saya juga mau share nih tentang tips ampuh agar keluarga bisa hidup sejahtera. Temen-temen bisa lihat rahasianya di sini: trik jitu keuangan rumah tangga


    BalasHapus

 
Top