Apa kabar bunda ? Bagi bunda yang lagi mengandung atau calon bunda, sudah tahukah tentang imunisasi yang wajib  diberikan kepada bayinya kelak ?
Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu
Sedangkan vaksin adalah zat / obat yang dibuat dari kuman / bakteri yang dimasukkan ke dalam tubuh anak agar terbentuk antibodi sehingga terhindar dari penyakit tertentu.

Imunisasi dasar yang wajib diberikan ketika bayi masih berumur 0 - 12 bulan :

1. BCG
Guna vaksin BCG untuk memberikan kekebalan aktif terhadap penyakit tuberkolusis ( TBC )
Vaksin BCG diberikan 1 kali kepada bayi sejak lahir, di bawah 2  bulan. 
Disuntikkan di lengan kanan atas bayi dengan dosis 0,05 ml. Suntikan BCG akan menampakkan bisul kecil di lengan / tempat disuntikkan vaksin BCG, jika tidak harus diulang.

2. DTP / DPT
Imunisasi DTP gunanya agar penyakit difteri ( menyerang tenggorokan ), tetanus ( infeksi akibat luka yang menimbulkan kejang ), pertusis ( batuk rejan )  menyingkir dari si kecil.
Pemberian sebanyak 5 kali, usia bayi 2, 4 dan 6 bulan. Selanjutnya usia 5 tahun dan di usia 12 tahun.

3. Polio
Guna vaksin polio untuk menangkal kelumpuhan akibat virus polio.
Polio diberikan saat kunjungan pertama kali. Ketika bayi lahir di klinik, Rumah Sakit saat akan pulang bayi diberi vaksin polio. Selanjutnya pada usia 2,4, 6 bulan. Dilanjutkan pada usia 18 bulan dan 5 tahun.
Pemberian vaksin polio berbarengan dengan vaksin DTP.
Vaksin polio lewat mulut.

4. Hepatitis B
Guna vaksin Hepatitis B gunanya untuk mencegah penyakit hepatitis ( VHB ) yang menyebabkan kelainan-kelainan kerusakan sel hati bahkan kanker hati / virus penyebab penyakit hepatitis B.
Vaksin hepatitis B diberikan 3 kali yaitu pertama dalam waktu 12 jam setelah bayi lahir. Diberikan imunisasi hepatitis jika kondisi bayi sehat, stabil tidak ada gangguan pada paru-paru dan jantung. Dilanjutkan pada umur bayi 1 bulan dan usia antara 3 - 6 bulan.

5. Campak
Gunanya imunisasi campak untuk mencegah tertularnya penyakit yang disebabkan virus morbili.
Campak pada bayi diberikan ketika bayi berusia 9 bulan. Selanjutnya ketika anak sudah berumur 6 tahun ( kelas 1 SD  pada program BIAS ) diberikan imunisasi campak yang ke - 2.

Ini merupakan imunisasi yang wajib diberikan pada bayi 0 - 12 bulan. Selanjutnya masih ada imunisasi, seperti yang terlihat di bawah ini :



















sumber : IDAI
              berbagai sumber











2 komentar:

  1. oh begitu ya,,jadi imunisasi itu sangat penting dan sangat wajib di lakukan kepada bayi atau anak kita nanti,,terimakasih informasinya gan,,sangat bermnafaat sekali...

    BalasHapus
  2. Jadwal imunisasi anak biasanya menjadi waktu yang membuat Bunda deg-degan. Bunda mungkin takut si kecil akan menangis saat mendapatkan suntikan imunisasi atau menjadi rewel karena efek yang ditimbulkan setelahnya. Namun, hal ini wajar kok, Bunda. Yang terpenting adalah menyiapkan kesehatan si kecil dan kesiapan Bunda agar tetap tenang sebelum dan setelah imunisasi.

    BalasHapus

 
Top