Mengajarkan anak minum susu dengan gelas memang gampang-gampang susah. 
Perlu kesabaran untuk beralih minum susu dari botol ke gelas. 
Anak telah terbiasa menikmati minum susu dari botol. 




Mulai menginjak 1 tahun anak sudah diperkenalkan minum dari gelas. Tapi biasanya melepas anak minum susu dari botol ke gelas memang sulit. Minum dari gelas hanya minuman selain susu. Sering ditemui anak sudah sekolah play grup, TK bahkan SD masih minum susu dari botol.

Tentukan waktu yang tepat untuk balita bunda dalam memulai minum susu dari gelas. Bisa waktu ulang tahun, mau masuk sekolah misalnya play grup dan lain-lain. Katakan bahwa bertambahanya umur, anak semakin besar dan semakin pintar. Jadi anak yang sudah besar dan pintar kalau minum susu dari gelas.

Perlu kekompakan dan konsisten antara ayah bunda, pengasuhnya ataupun kakek neneknya untuk mendukung anak agar mau minum susu dengan gelas.

Untuk memulai minum susu dari gelas, dilakukan secara bertahap. Kenalkan anak terlebih dahulu dengan gelas  ada pegangannya kiri kanan dan tutupnya ada bagian untuk minum, jadi masih menyerupai botol. Selanjutnya setelah anak terbiasa dengan gelas seperti ini, anak mulai diperkenalkan dengan gelas biasa. Minum susu dengan gelas dan diberi sedotan mungkin akan lebih menarik dan mudah bagi anak.

Di dalam memilih gelas, melibatkan anak untuk memilih gelasnya sendiri, secara tidak langsung akan membuat balita bunda senang minum susu dari gelas. Ajak balita ke toko, supermarket dan biarkan balita bunda memilih gelasnya sendiri.

Mengajarkan balita minum susu dari gelas, perlu contoh dari ayah bundanya cara minum susu dari gelas. Berilah contoh yang baik benar dan biarkan balita bunda menirunya. Suruh balita bunda memegang gelasnya sendiri dan anak akan merasa lebih pintar dan hebat  karena bisa memegang gelasnya sendiri

Setiap proses atau usaha balita bunda untuk beralih minum susu dari gelas, berilah pujian. Pujian akan membuat balita bunda merasa dihargai, sehingga akan mengulangi lagi minum susu dari gelas.

Semoga berhasil ya bund dalam mengajarkan anak minum susu dari gelas !

dari berbagai sumber













0 komentar:

Posting Komentar

 
Top