Mempunyai anak yang cerdas, pintar dan sehat merupakan keinginan setiap orang tua. 
Dan sejak bayi hendaknya para bunda atau orang tua membiasakan hal-hal sebagai berikut agar bayinya tumbuh cerdas, sehat dan pintar.






Berikan Nutrisi yang Sehat dan Tepat
Beri ASI Eksklusif dan setelah bayi mampu mengenal makanan lembek, selanjutnya makanan padat atau makanan sesuai umurnya, berilah makanan yang banyak mengandung protein, vitamin dan mineral. Terutama mengkonsumsi ikan yang terbukti bisa meningkatkan kecerdasan otak. Gizi yang baik dan bervariasi sejak dini akan membantu anak tumbuh menjadi anak cerdas

Ajak Bayi Bicara
Ajak bayi bicara sesering mungkin. Bayi mngkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, namun bayi dapat merespon dengan ekspresinya. Menurut Dr Jean Ashton pengajar dan pemerhati anak usia dini dari Universitas Sydney Australia, mengajak bayi bicara tidak hanya sebatas memanggil namanya, memuji, mengeluarkan kata-kata lucu.

Ajak bayi bermain 
Bunda harus rajin ya mengajak bayinya bermain-main. Pilih mainan  edukatif yang  menarik, berwarna-warni dan cerah yang sesuai dengan umurnya. Gunanya untuk mengembangkan potensinya, merangsang motorik kasar dan motorik halus, merangsang kemampuan / bakat minatnya. 

Ajak bayi mengenal lingkungan sekitarnya
Selain itu mengenalkan dengan dunia luar, melihat luar lingkungan rumah misalnya dengan melihat mobil, motor, tumbuh-tumbuhan, hewan peliharaan dll, yang gunanya bayi akan belajar mengenal benda-benda di lingkungan sekitar, belajar mengucapkan kata-kata benda tersebut dan fungsi atau bisa saja bahayanya dari benda-benda tersebut.
Selain itu  bertemu dengan orang-orang banyak membuat bayi belajar bersosialisasi sejak dini.

Ajari bayi untuk melihat hal-hal yang baik
Sejak bayi, bayi akan dekat dengan orang tuanya terutama bundanya. Bayi akan melihat apa yang dilakukan bundanya dari  menyisir rambut, memakai sepatu, makan, minum dan lain sebagainya. Dari yang dilihat bayi akan membuat bayi suatu saat meniru sehingga bayi akan belajar dari bundanya atau orang-orang terdekat. Begitu juga melihat TV. Kadang bunda atau pengasuhnya melihat TV bersama bayi. Pilihlah acara TV yang sesuai untuk usia mereka dan dampingi bayi ketika melihat TV, jadi bunda bisa berinteraksi dengan bayi dan mengetahui minat mereka.

Ajari bayi bernyanyi dan menari
Bunda bisa menyanyikan lagu untuk bayinya. Atau pilih lagu yang riang yang membuat bayi menjadi senang dan ikut merespon dengan bergerak-gerak seperti menari-nari. 

Bacakan buku atau mendongeng
Membacakan buku atau mendongeng untuk anak sejak dini atau bayi membuat bayi bertambah perbendaharaan kata-katanya, menumbuhkan minat bayi untuk mencintai membaca dan ada pesan moral yang baik yang disampaikan lewat cerita / dongeng yang disampaikan bunda pada bayi tercinta.

Okeeeyy ... semoga bermanfaat

dari berbagai sumber




0 komentar:

Posting Komentar

 
Top