Tips agar anak suka makan sayuran
Sayuran itu banyak mengandung vitamin dan serat yang diperlukan oleh tubuh. 
Tetapi banyak anak-anak yang tidak menyukai sayur, padahal sayur sangat penting bagi anak-anak di dalam masa pertumbuhan mereka. 
Banyak alasan yang diutarakan anak-anak sehingga mereka tidak mau makan sayur. Rasanya tidak enak, rasanya pahit dsb.



Tetapi bunda jangan bosan-bosan untuk memberitahu anak manfaat jika mau mengkonsumsi sayuran. Dan coba memasak sayur dengan berbagai olahan yang menarik agar anak tertarik makan sayur.

Mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu bunda agar ananda mau makan sayur :
  • Ketika belanja sayuran di pasar, warung, swalayan, super market ajaklah anak-anak memilih menu makanannya terutama sayur. Dan ajaklah anak-anak ikut dalam proses memasak sayur tersebut. Terlibat langsung dalam membeli, memilih dan memasak sayur akan membuat anak tertarik untuk menikmati sayuran tersebut.
  • Cobalah menambah kaldu atau penambah lezat pada masakan sayur dengan diberi daging, ikan, bakso, ayam, udang, sosis dan lain-lain yang membuat anak tertarik makan sayuran. Dan ingatkan ketika makan jangan dipilih-pilih misalnya makan baksonya saja dan sayurnya ditinggal.
  • Membuat makanan yang digoreng  terbuat dari sayuran. Misalnya bakwan yang isinya kecambah, wortel, jagung, daun seledri. Atau daun singkong yang dibuat seperti bakwan. Keripik dari bayam dan lain-lain.
  • Anak-anak biasanya suka nuget. Coba bikin nuget sendiri dan beri campuran wortel atau bayam yang dicincang terlebih dahulu.
  • Sebagai minuman, cobalah membuat juice. Misalnya juice yang berisi campuran wortel dan tomat.

Banyak bukan variasinya, tentunya masih banyak ide-ide agar anak mau makan sayuran.
Selamat mencoba dan berkreasi ya bunda

dari berbagai sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top