Bahaya dari abu vulkanik
Gunung Kelud meletus !! 
Gunung kelud yang terletak di Kediri meletus pada hari kamis, tanggal 13 Februari 2014 pukul 22.55.
Dan letusan gunung kelud diikuti muntahan material. Hujan abu yang merupakan muntahan material yang terbang hingga ratusan kilometer berpotensi mengganggu kesehatan. 





Bahaya apa saja dari abu vulkanik ?
  • Pernapasan, menyebabkan hidung alergi, bersin-bersin, batuk-batuk hingga sesak napas. Bahkan jika menderita asma bisa jika terkena lansung dengan abu vulkanik menyebabkan asmanya kambuh. Abu vulkanik ini juga dapat menembus saluran pernapasan bagian bawah atau organ paru-paru. Disarankan memakai masker untuk melindungi dari bahaya abu vukanik.
  • Jika terkena kulit bisa menyebabkan iritasi ringan, gatal-gatal kemerahan. Memakai pakaian yang berlengan panjang sangat dianjurkan untuk menghindari iritasi kulit.
  • Jika terkena kontak langsung pada mata menyebabkan iritasi mata, mata merah seperti terbakar karena abu vulkanik mengandung batuan halus, silika.  Hindari mengucek mata. Pengguna lensa kontak agar berhati-hati karena sifat abrasi pada abu vulkanik. Gunakan pelindung mata / kaca mata jika keluar rumah. Pergunakan tetes mata jika mengalami iritasi.
Sebaiknya jika tidak penting sekali, dianjurkan tidak keluar rumah. Apabila harus keluar rumah, pakailah masker, kacamata dan baju yang menutupi seluruh tubuh  atau baju lengan panjang.

semoga membantu

dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top