Resep masakan dari bahan ikan asin
Ikan asin. Siapa yang tidak tahu dengan ikan asin ? Ikan asin adalah ikan yang telah diawetkan. Caranya dengan menambah banyak garam. Ikan-ikan dikumpulkan dalam suatu wadah lalu direndam dengan air garam yang banyak. Kemudian ikan-ikan asin tersebut dijemur, direbus dan difermentasi untuk meningkatkan keawetannya.
Ikan asin sebagai teman makan nasi menggoda selera makan. Banyak macam resep masakan dengan bahan dasar ikan asin. Ayook dipraktekkan bund, jangan salah meskipun identik dengan makanan rakyat, ikan asin kaya akan protein.

1. Ikan asin cabe hijau


















Bahan :
Beberapa potong ikan asin
Bawang putih, iris halus
Bawang merah, iris halus
Cabe hijau, iris halus serong
Tomat hijau, iris
Salam
Laos
Jahe
Sedikit kecap
Garam

Cara memasak :
Cuci ikan asin, lalu goreng setengah matang. Panaskan sedikit minyak goreng  untuk menumis bumbu-bumbu. Masukkan bawang putih, bawang merah, cabe, tomat dan bumbu lainnya. Setelah harum masukkan ikan asin. Lalu beri sedikit air, garam dan gula. Setelah bumbu meresap, dan sisakan air sedikit lalu angkat hidangkan.

2. Sambal ikan teri dan kacang












Bahan :
Kacang yang sudah digoreng ( yang belum dikupas )
Ikan teri yang sudah digoreng
Bawang putih
Bawang merah
Cabe merah
Laos
Salam
Kemiri
Gula jawa
Garam

Cara memasak :
Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah, kemiri. Lalu tumis dengan sedikit minyak ke dalam wajan sampai harum dan masukkan bumbu-bumbu lainnya. Lalu masukkan sedikit air dan gula jawa sampai mencair. Masukkan ikan teri dan kacang, sesekali aduk sampai air habis. Angkat dan hidangkan.


1 komentar:

 
Top