Gigi  yang sehat akan terlihat indah dilihat.
Banyak ditemui anak-anak yang mempunyai gigi yang rusak, berlubang dan sebagainya. 
Mungkin banyak yang menganngap wajar jika anak-anak mempunyai gigi yang rusak. Tapi perlu diingat kerusakan gigi sejak dini akan berpengaruh juga ketika mereka besar. 






Gigi yang tumbuh sehat dan baik akan mendukung rasa percaya diri. 
Oleh karena itu menjaga kesehatan gigi anak hendaknya dimulai sejak dini. Ketika anak sudah memiliki gigi maka dimulailah dengan merawat kesehatan gigi.

Orang tua bisa mengenalkan sikat gigi kepada anaknya sejak dini secara baik dan benar, setidaknya dua kali sehari. Jika gigi masih tumbuh satu, bisa menggunakan kain yang lembut. Jika sudah banyak menggunakan sikat gigi yang khusus anak-anak, banyak dijual di apotik atau supermarket. Orang tua atau khususnya bundanya dapat mengajarkan buah hatinya cara menggosok gigi dengan benar. Agar balita tertarik untuk rajin menggosok gigi pilih sikat gigi, pasta gigi yang menarik yang sesuai untuk balita anda. Alangkah baiknya jika melibatkan putra putri anda dalam memilih sikat gigi dan pasta gigi agar mereka lebih tertarik untuk menggosok gigi.

Mengurangi penggunaan botol susu dan kempeng. Penggunaan botol susu atau kempeng dalam penggunaan yang lama akan mempengaruhi bentuk gigi. Dan sisa-sisa susu yang tertinggal di gigi akan ikut merusak gigi.

Mengurangi makanan manis-manis pada anak adalah langkah yang tepat agar gigi buah hati bunda terjaga kesehatannya. Sering-sering putra putri bunda diberi minuman air putih untuk menetralisir mulut dan gigi mereka.

Dan jelaskan pada buah hati bunda untuk menjaga dan merawat gigi mereka. Berikan penjelasan dengan bahasa yang dimengerti oleh anak-anak. Beri pujian jika buah hati bunda rajin menggosok gigi, mau mengurangi makanan yang manis, mau mengurangi penggunaan botol susu atau kempeng.

Oke semoga berhasil ya bunda dalam mengajarkan putra putrinya dalam merawat gigi mereka !



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top