Pendidikan merupakan hal yang penting bagi anak-anak. 
Karena dengan pendidikan anak akan mendapatkan ilmu yang berguna bagi masa depannya. 
Dan kaitannya dengan pendidikan, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya agar cerdas dan berprestasi. 
Terutama berprestasi di akademiknya.





Orang tua akan memilih sekolah yang berkualitas dan bagus untuk anaknya, meskipun untuk bersekolah di sekolah yang berkualitas dan bagus biasanya  biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Tujuannya tidak lain agar anak mendapatkan pendidikan terbaik.

Selain itu orang tua akan menyarankan pada anak untuk mengikuti tambahan les pelajaran, entah les di tempat bimbingan belajar atau les pada guru yang membidangi pelajaran tersebut.

Tetapi sebenarnya yang terpenting agar anak bisa berprestasi di akademiknya adalah usaha dari anak sendiri agar mau rajin belajar. Tetapi tidak semua anak mau belajar sendiri. Apalagi belajar sendiri di rumah yang banyak godaannya, dari acara tivi yang menarik, asyik bermain dengan adik, kakaknya atau temannya,  main game, alasan capek ataupun malas

Agar anak mau rajin belajar, peran dari orang tua untuk menumbuhkan minat belajar pada anaknya antara lain :

Buatlah jadwal pada anak, kapan waktu untuk bermain, kapan mengerjakan pe er, kapan waktu belajar dan lain-lain. Hendaknya jadwal ini dibuat bersama dengan anak, agar anak tidak merasa selalu didikte oleh orang tuanya. Dan anak akan lebih merasa bertanggung jawab karena merasa jadwal tersebut, ia yang membuat.

Dampingi anak ketika anak lagi belajar. Bunda dapat membantu menjelaskan materi pelajaran yang dirasa sulit bagi anak. Dengan mengikuti sampai sejauh mana anak belajar di sekolahnya. Dan kalau perlu ayah bunda bisa mencari referensi lain yang mendukung pelajaran tersebut.

Memfasilitasi kebutuhan sekolah yang diperlukan anak. Ketika berbelanja kebutuhan sekolah untuk anak, beri kesempatan anak untuk memilih sesuai seleranya sendiri kebutuhan sekolah yang dibutuhkannya dari sepatu, pensil, buku, tas, buku gambar, pensil warna dan lain sebagainya. Sesuaikan budget yang anda miliki. Biasanya anak-anak akan lebih bersemangat belajarnya ketika memperoleh alat-alat sekolah yang baru yang sesuai seleranya.

Menciptakan suasana rumah yang nyaman pada anak-anak, terlebih lagi ketika mereka sedang belajar. Mungkin ada anak yang belajarnya senang dengan suasana sepi, mungkin ada juga anak ketika belajar sambil mendengarkan musik / lagu. Jika putra putri ayah bunda masing-masing mempunyai cara belajar yang berbeda, tinggal bagaimana orang tua mengkondisikan suasana rumah agar proses belajar anak-anak di rumah bisa berjalan dengan lancar.

Menumbuhkan minat membaca sejak dini. Ketika masih kecil biasakan membelikan buku-buku pada anak. Buku cerita, buku gambar, buku untuk mewarnai dan lain-lain. Dorong anak agar rajin membaca buku dengan memberi contoh pada anak-anak. Misalnya ketika ada waktu luang, kita sempatkan untuk membaca buku, majalah, surat kabar dan lain-lain.

Selalu dukung anak ketika anak mendapatkan prestasi ataupun ketika prestasi anak kurang menggembirakan. Ketika anak mendapatkan prestasi yang menggembirakan, beri ucapan selamat padanya atas prestasi yang telah diraihnya. Bisa juga dengan memberikan hadiah, mengajak jalan-jalan ataupun sekedar makan-makan. Tapi hal ini bukan hal yang mutlak. Perhatian dari ayah bundanya akan membuat anak merasa bahagia.
Dan ketika anak mendapatkan prestasi kurang menggembirakan, jangan asal menyalahkan anak. Dukung anak, memotivasi anak, dan komunikasikan bersama anak bagaimana langkah-langkah selanjutnya agar prestasi anak tidak semakin merosot.







1 komentar:

  1. Titanium Astroneer & Brno - T-Shirts - TITNIA
    T-Shirts by T-Shirts - T-Shirts (T-Shirts). All does titanium have nickel in it T-Shirts by titanium nitride coating service near me T-Shirts. All T-Shirts by T-Shirts 2013 ford focus titanium hatchback (T-Shirts). trekz titanium headphones All T-Shirts by T-Shirts (T-Shirts). All T-Shirts by titanium white T-Shirts

    BalasHapus

 
Top