Liburan sekolah sudah di depan mata. 
Saat liburan banyak ditunggu-tunggu oleh anggota keluarga. 
Liburan memang sungguh menyenangkan. 
Tapi jika bugdet atau dana terbatas bagaimana ? 







Apalagi liburan kali ini, bertepatan dengan kenaikan kelas atau saatnya mencari Sekolah baru bagi putra-putri tercinta, tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit bukan ? 
Dan sebentar lagi akan memasuki bulan puasa dan lebaranpun akan tiba. Bisa dipastikan pengeluaran pada bulan-bulan ini akan melebihi daripada hari-hari biasanya.

Tetapi ayah bunda masih bisa kok menyiasati agar keluarga masih tetap menikmati liburannya. Tentunya dana yang untuk  keperluan masuk sekolah, keperluan di bulan puasa dan lebaran disisihkan dahulu agar tidak ikut dipergunakan untuk liburan.
  • Jika biasanya mengisi liburan ke luar kota atau tempat yang jauh, kali ini pilih tempat yang dekat. Anda bisa mencari referensi dengan bertanya pada teman yang sudah pernah ke sana atau browsing di internet.
  • Liburan dengan wisata kuliner juga merupakan hal yang menarik. Mengunjungi tempat-tempat kuliner di kota anda yang belum pernah dikunjungi.
  • Bersepeda bersama keluarga. Mengunjungi tempat wisata atau tempat makan / warung makan  yang bisa dijangkau dengan sepeda bersama keluarga, mungkin akan menjadi lebih menarik daripada dijangkau dengan mobil atau motor.
  • Memancing juga merupakan pilihan untuk mengisi liburan. Ajak anak-anak untuk memancing. Dan hasilnya bisa dimasak beramai-ramai dan disantap bersama-sama, tentu akan menjadi alternatif pilihan mengisi liburan yang menyenangkan.
  • Mengundang saudara untuk sekedar kumpul-kumpul, makan-makan bersama di rumah atau sebaliknya mengunjungi saudara. Tujuannya agar anak-anak saling akrab dengan keluarga jauhnya.
  • Liburan di rumah, bisa dilakukan dengan memutar film kesayangan keluarga, memasak kue bersama anak-anak, mengganti cat kamar anak-anak atau merubah letak perabot kamar anak-anak.


Semoga dengan bugdet terbatas, ayah bunda dan anak-anak masih bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan berkualitas. Yang terpenting  bisa menikmati kebersamaan dengan keluarga dengan suasana yang berbeda, suasana yang segar dan tentunya suasana yang menyenangkan.

1 komentar:

 
Top