Sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang. 
Bulan Ramadhan ini telah ditunggu-tunggu oleh berjuta-juta umat muslim di seluruh dunia karena di bulan ini Allah SWT melimpahkan banyak karunia kepada hamba-hambanya dengan melipatgandakan pahala dan diberi jaminan ampunan dosa bagi siapa yang bisa memanfaatkannya dengan semestinya.







Di bulan Ramadhan ini umat muslim melakukan puasa / shaum. Puasa itu dilakukan sebulan penuh dengan menahan lapar / tidak makan dan minum dari shubuh sampai magrib. Juga menahan perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang tidak baik dan hawa nafsu,  juga melatih kesabaran. Diharapkan agar berlanjut ke bulan-bulan berikutnya tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. 

Siapa saja yang wajib berpuasa ?

- Beragama Islam
- Berakal sehat
- Baligh ( sudah cukup umur )
- Mampu melaksanakannya

Bagaimana jika anak-anak masih kecil, maka kewajiban orang tua untuk melatih anak-anak untuk berpuasa bukan ? Banyak kiat-kiat agar anak-anak mau belajar puasa, antara lain :
  • Menjelaskan arti dan manfaat puasa kepada anak-anak, 
  • Selain itu di masjid sekitar rumah pasti tiap hari ada pengajian untuk anak-anak menjelang berbuka puasa, libatkan anak-anak untuk ikut di dalamnya karena selain untuk mengisi waktu sebelum berbuka, mendapat ilmu tentang agama, di sana anak-anak saling bertemu dan bercerita  bagaimana puasa mereka dan ini akan menambah semangat mereka untuk melakukan puasa.
  • Membangunkan anak-anak untuk sahur bersama keluarga dan buatlah suasana sahur yang menyenangkan, karena biasanya anak-anak masih mengantuk.
  • Beri pujian, motivasi pada anak meskipun puasanya tidak sampai penuh atau beri hadiah jika puasanya sampai penuh
  • Melibatkan anak dalam menyiapkan sahur dan berbuka, atau menanyakan pada mereka makanan dan minuman  apa yang disenangi anak- anak, dan tetap mengutamakan gizi, nutrisi yang cukup.
  • Saat berbuka berilah minuman yang manis / hangat dan tidak langsung makan besar, karena bisa menyebabkan sakit perut. Makan secara bertahap. Sesudah magrib dan sesudah isya / tarweh.
Semoga bermanfaat





1 komentar:

 
Top