Mempunyai buah hati ? 
Inilah yang ditunggu-tunggu pasangan suami istri. 
Dimulai dengan proses mengandung  yang amat sangat luar biasa dirasakan bagi pasangan suami istri. 







Ada proses di sana untuk memperoleh bayi lahir dengan sehat. 
Dan setelah bayinya lahir, tentunya sangat menyenangkan jika bisa mengamati perkembangan si buah hati.

Perkembangan apa saja bayi 0 - 3  bulan :

Usia 0 - 1 bulan

Ketika bayi baru lahir pantat bayi ada yang berwarna biru atau abu-abu. Ini akan hilang dengan sendirinya. Mungkin kepala bayi yang baru lahir bentuknya kurang simetris, ini akibat bayi telah melewati jalan sempit / pinggul bundanya. Seiring waktu kepala bayi akan kembali ke bentuk yang lebih baik. Sering ditemui bayi lahir dengan mata yang sipit, sering menutup matanya. Setelah beberapa hari mata bayi akan mampu terbuka dalam waktu yang agak lama.
Ketika bayi berusia 0 - 1 bulan, aktivitas bayi masih sebatas menangis. Inilah komunikasinya dengan sekelilingnya. Reflek bayi berusia 0 - 1 bulan. Bayi yang berusia 0 - 1 bulan akan secara reflek menggerakkan kepalanya mencari susu ibunya.
Ia juga sudah bisa menggenggam jari anda dengan tangannya.

Usia 2 bulan

Di usia ini bayi sudah mulai tersenyum. Merespon suara atau melihat bundanya atau orang terdekatnya dengan tersenyum, mencoba meraih anda dengan tangannya, mengoceh dengan suara oohh, aahhh. Bayi yang berusia 2 bulan sudah merespon suara yang keras dengan terkejut. Bayi yang berusia 1 - 2 bulan sudah bisa menggapai benda yang menarik perhatiannya dan menggenggamnya walau hanya sebentar. Dan bahkan sudah bisa menepuk-nepuk benda yang disenanginya.

Usia 3 bulan

Bayi yang berusia 3 bulan selain sudah pandai merspon dengan tersenyum dan dengan suara. Selain itu bayi yang berusia 3 bulan sudah pandai memiringkan kepalanya dan menahannya hanya sementara. Matanya sudah bisa mengikuti gerakan benda ke segala arah.  Tangannya semakin mahir menyentuh, memegang, memukul-mukul. Pada usia ini bayi sudah mulai mengenal wajah orang terdekatnya dan berbagai benda yang didekatnya.

dari berbagai sumber



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top