Melatih anak agar tidak ngompol

Punya anak balita itu seru. 
Di usia ini mereka lagi lucu-lucunya, banyak polah tingkah yang bikin kita ketawa. keinginan tahunya juga sangat besar. 
Sering meniru polah tingkah orang lain.




Tapi jangan lupa di usia ini, mulai ajari balita bunda agar mereka belajar agar tidak ngompol.
  • Biasakan buang air kecil sebelum tidur. Tidak hanya ketika di rumah, tetapi juga ketika di tempat lain misalnya di rumah kakek nenek, saudara.
  • Sering-sering ingatkan dan antar balita bunda ke kamar mandi untuk buang air kecil, misalnya saja setiap satu jam sekali atau dua jam sekali. Dan ajarkan balita bunda untuk menyampaikan keinginannya buang air kecil jika mereka ingin segera buang air kecil, misalnya bunda adek mau pipis dan sebagainya.
  • Beri pujian balita bunda ketika berhasil tidak mengompol dan jangan memarahinya ketika mengompol. Apalagi menceritakan di depan orang lain karena sering mengompol, hal ini akan membuat anak malu.
  • Ketika anak tidur kadang-kadang di dalam tidurnya anak-anak gelisah, bangunkan balita bunda, mungkin mereka ingin buang air kecil dan antar ke kamar mandi.
  • Beri perlak yang telah dilapisi kain di tempat tidur balita dan tidak usah memakai pampers. Beri pengertian pada balita kalau mau buang air kecil sewaktu tidur segera bangun lalu ke kamar mandi dan bangunkan ayah atau bundanya untuk mengantarkan ke kamar mandi.
  • Batasi makanan dan minuman yang manis. Makanan dan minuman yang manis akan membuat anak sering buang air kecil. Karena makanan dan minuman yang manis merupakan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan kelebihan zat-zat ini salah satunya dibuang dengan melalui buang air kecil,
Semoga bermanfaat ....



1 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali gan,, terimaksih tips untuk melatih anak agar tidak ngompol lagi...

    BalasHapus

 
Top